PROSEDUR PENGUJIAN KESESUAIAN FUNGSI PRODUK BARANG/JASA

Image result for prosedur pengujian kesesuaian fungsi produk barang/jasa
Pengujian Kesesuaian Fungsi Produk
    Pengujian produk atau pengujian konsep produk merupakan suatu kegiatan yang ada di dalam salah satu tahap pengembangan produk. Sebelum diproduksi dan di pasarkan, produk baru lebih dahulu diuji untuk mendapatkan umpan balik dari kelompok konsumen yang menjadi sasaran. Dengan pengujian konsep produk ini perusahaan akan memperoleh produk atau merek yang memiliki masa depan.

A.     Arti dan Tujuan Pengujian Produk
     Pengujian konsep produk merupakan salah satu tahap dalam pengembangan produk baru. Sebelum diproduksi dan dipasarkan, produk baruterlebih dahulu diuji untuk mendapatkan umpan balik dari kelompok konsumen yang menjadi sasaran. Dengan penhujian konsep produk, perusahaan atau suatu usahaakan memperoleh produk atau merek yang memiliki masa depan yang baik dan cerah .

B.     Tahapan Pengujian Produk
   Konsep pengujian merupakan proses atau usaha yang diprediksi menggunakan metode kuantitatif dan kualitatif untuk menghitung respon pelanggan untuk produk baru sebelum diperkenalkan di pasar .Pengujian konsep membantu kita menguji keberhasilan produk baru .
          Tahapan pengujian produk sebelum kita menawarkan di pasaran secara umum, meliputi :
1.       Membuat prototype produk terlebih dahulu .
2.      Evaluasi prototype .
3.      Lalu memberikan tester kepada pasar .
4.      Evaluasi tester dan pasar .
5.      Membuat rencana lanjutan setelah evaluasi .
6.      Produksi massal .
7.      Evaluasi produksi massal .

C.    Metode Pengajuan Produk
    Konsep pengujian merupakan proses yang menganalisa prosedur statistik membentuk ulang dan mengubah ide-ide mengenai ide dasar untuk produk . Sebelum produk dperkenalkan di pasar, hal itu akan menguji keberhasilan produk . Hal ini membantu mengembangkan titik yang menyatakan kualitas produk, posisi dan khalayak yang ditargetkan  . mereka studi  mengenai reaksi terhadap produk membantu kita mencakup banyak hal seperti  suka, alasan untuk membeli dan banyak hal lagi .Hal ini memfasilitasi konsumen untuk mengevaluasi dan mereka juga dapat memberikan masukan mereka selama proses pengembangan . Pengujian konsep ini juga dikenal sebagai alat manajemen untuk mengukur keberhasilan. 

Comments

Post a Comment

Popular Posts